Sabtu, 04 Agustus 2018

CONTOH PRODUK PENGOLAHAN

Contoh Produk Pengolahan 

1. Dodol dari Santan 

Dodol terbuat dari santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Bahan – bahan tersebut 100 % asli dari pertanian. Sekarang pun banyak cita rasa dodol yang kita temui di berbagai gerai yang menjual dodol di Indonesia, seperti dodol durian, dodol sayur bahkan dodol temulawak. Itu semua tidak terlepas dari inovasi para pelaku usaha di bidang dodol untuk menaikkan penjualan produk mereka.

2. Kue Berbahan Dasar Kopi

Siapa sih yang tidak mengenal kopi ? hampir masyarakat kita tahu apa itu kopi, selain sebagai teman saat menikmati senja di sore hari, kopi pun bisa di gunakan sebagai salah satu produk campuran kue. Inovasi dan ide – ide kreatif pun bermunculan, saat dulu brownies hanya memiliki cita rasa manis coklat kini sudah memiliki rasa khas kopi.

3. Kripik Buah

Jika kita pergi ke Malang, Jawa Timur, kalian akan banyak menemukan berbagai jenis kripik yang terbuat dari buah – buahan. Dari kripik apel, pisang, jambu, sampai kripik daun singkong pun dapat kita temukan. Kripik – kripik tersebut berbahan dasar buah- buahan yag merupakan salah satu dari produk pertanian.
https://www.rumahmesin.com/keripik-buah/

4. Tepung jagung , singkong, dan tepung ikan.

Tepung jagung digunakan untuk pembuatan pudding, lalu tepung singkong digunakan untuk pembuatan kue, serta tepung ikan digunakan untuk membuat makanan ringan serta olahan makanan. Jagung , singkong, dan ikan merupakan hasil pertanian. Hal ini berarti, tepung pun bisa di buat dari bahan – bahan yang berasal dari pertanian.
https://manfaat.co.id/manfaat-tepung-mocaf

6. Minyak Goreng dan Mentega Berbahan Dasar Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan produk andalan Indonesia , selain dikirim sebagai bahan mentah ke luar negeri, ternyata kelapa sawit juga di olah menjadi bahan – bahan yang meningkatkan nilai jual, seperti di buat mentega, campuran sabun, pelumas, serta minyak goreng.
https://www.alodokter.com/mengenal-kelebihan-dan-kekurangan-kelapa-sawit

Itulah beberapa produk olahan dari pertanian, jika kalian mencari serta membaca lebih dalam, kalian akan mengetahui bahwa sangat banyak produk olahan yang berasal dari pertanian. Jadi , tetap cintai pertanian, dengan mencintai pertanian secara tidak langsung kalian mencintai negeri sendiri.
Sumber: novitanmr.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar