Sabtu, 04 Agustus 2018

PENGOLAHAN KACANG-KACANGAN

Pengolahan Kacang-Kacangan 
Kacang-kacangan adalah sebutan untuk biji yang berukuran relatif lebih besardibandingkan serealia dan digunakan untuk bahan pangan bagi manusidan hewan ternak. Kacang-kacangan umumnya didapatkan dari tanaman famili Fabaceae. Namun tanaman kacangkacangan yang dipanen muda seperti kapri, buncis, dan edamame tidak disebut sebagai kacang-kacangan dalam definisi FAO.
Sumber: https://artikely.wordpress.com/2017/12/10/kacang-kacangan-pengertian-kandungan-dan-manfaat-kacang-jenis-kacang-dan-olahannya-teknik-pengolahan-bahan-pangan-kacang-kacangan/
MENGOLAH KACANG-KACANGAN
Ketika masyarakat baru membeli kacang, mereka dapat menyimpam kacang dalam wadah bersih dan letakkan dalam udara bebas. Jika kacang masih memiliki kulit akan lebih fleksibel kapan masyarakat akan menggunakannya. Jangan simpan kacang terlalu lama jika kacang tersebut sudah lepas kulitnya. Hal ini akan menyebabkan kutu berkembang biak di dalamnya. Berbagai macam cara pengolahan kacang adalah dengan carai direbus, di goreng, atau dikukushttp://www.kerjanya.net/faq/18274-kacang.html1) direbus Rendam Kacang Hijau :
Sebelum direbus, pastikan untuk merendam kacang hijau kira-kira selama 3 sampai 4 jam atau lebih. Merendam kacang hijau bisa membuat butir-butir biji kacang hijau mekar dengan baik dan lebih cepat empuk saat direbus. https://id.wikihow.com/Mengecambahkan-Kacang-HijauMasukkan Kacang Hijau Saat Air Sudah Mendidih :Usahakan agar memasukkan kacang hijau di dalam panci saat air di dalam panci sudah mendidih. Air yang telah mendidih bisa membuat kacang hijau atau bahan masakan lain bisa lebih cepat empuk, matang dan nutrisinya tidak jauh berkurang. Atur Panas Api :Atur panas api dengan tepat. Jangan terlalu redup dan jangan pula terlalu panas. Gunakan api sedang yang stabil untuk dapatkan kacang hijau rebus yang empuk sempurna dan merata. Tambahkan Gula & Garam Saat Kacang Hijau MekarPastikan untuk tidak memasukkan gula atau garam saat kacang hijau belum mekar. Ini bisa membuat kacang hijau awet keras dan sulit empuk. Kalau pun ingin membuat bubur kacang hijau atau memberi rasa pada kacang hijau, tambahkan gula dan garam saat kacang hijau sudah empuk dan mekar.  sumber artikel : https://www.vemale.com/tips-dapur/112573-ladies-ini-tips-merebus-kacang-hijau-agar-cepat-empuk.html2) digorengMenggoreng kacang mete/mede mentah diperlukan trik khusus. Jangan asal menggoreng saja, karena jika salah caranya, kacang mete/mede rasanya malah jadi pahit. Oleh karena itu, yuk simak tips dan trik cara menggoreng kacang mete/mede berikut ini :
    1. Siapkan wadah/tempat yang berisi air hangat. Banyaknya air sampai dapat merendam seluruh kacang mete.Masukkan garam sebanyak tiga sendok makan ke dalam wadah. Aduklah sampai garam larut.
    2. Masukkan kacang mete. Pastikan semua terendam. Diamkan selama 3-5 menit.
    3.  Kemudian, aduk pelan dengan tangan. Lama kelamaan air akan berubah menjadi keruh dan kehitaman. Itu artinya, getah yang menempel pada kacang mete mulai terlepas.
    4.  Buang air bekas rendamannya. Kemudian ulangi proses perendaman satu kali lagi. Lalu bilas dengan air bersih.
    5. Agar rasa kacang mete gurih, dapat menggoreng dengan menggunakan bumbu. Bumbunya terdiri atas bawang putih dan garam yang dilumat sampai halus.

    https://5caraolah.blogspot.com/2017/01/cara-mengolah-kacang-mete-mentah-dengan.html
    sumber artikel : https://rejekinomplok.net/cara-menggoreng-kacang-mete/3) dikukus 

    https://youtu.be/UPMxwYiBghs
    Sumber: novitanmr.blogspot.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar